Review pembukaan S2 Ilmu Komunikasi

PEMBUKAAN S2 ILMU KOMUNIKASI STISIPOL CANDRADIMUKA
Menginjak usia 51 tahun, Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (STISIPOL) Candradimuka Palembang melakukan terobosan baru. Yakni, dengan membuka Program Studi (Prodi) Magister Komunikasi (S2) Ilmu Komunikasi, dengan konsentrasi Komunikasi Politik dan Corporate &Marketing Communication.
Dalam program studi tersebut, mahasiswa akan menghabiskan waktu perkuliahan selama 2 tahun/4 semester. Mereka akan mendapat 38 SKS selama 2 tahun itu, dengan dibimbing oleh 12 Dosen Pengajar plus 8 Dosen Luar Biasa dari berbagai kampus ternama seperti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Universitas Padjajaran, Universitas Gajah Mada, Universitas Sriwijaya dan Universitas Mercu Buana.
Ketua STISIPOL Candradimuka Palembang, Dr. Hj. Lishapsari Prihatini, M.Si, butuh waktu 3 tahun untuk memperjuangkan Prodi baru tersebut. Barulah pada 8 Februari 2019, Surat Keputusan (SK) Pendirian Prodi Ilmu Komunikasi STISIPOL Candradimuka Palembang ditandatangani oleh LLDIKTI
“Ini adalah anugerah luar biasa. Patut diketahui, mendirikan Prodi baru ini tidak gampang. Banyak proses yang harus ditempuh, dan kendala yang ditemui,” ujarnya usai Konfrensi Pers Pembukaan Program Studi Magister Ilmu Komunikasi di Aula Mini STISIPOL Palembang, Sabtu (23/3/2019).
Lishapsari menambahkan, pihaknya optimis Prodi ini akan laris manis diminati oleh para calon mahasiswa. Sebab, Ilmu Komunikasi ini sangat berguna tidak hanya bagi para Jurnalis dan pelaku media, tapi juga untuk tenaga Humas, marketing dan lain-lain.
“Dan juga yang meyakinkan optimis kita, ada, karena fasilitas kami sudah layak untuk membuat S2 Komunikasi. Kemudian memiliki SDM berupa tenaga dosen yang bergelar Doktor. Kita yakin mereka memiliki pilihan yang tepat untuk menimba ilmu di sini,”, ungkapnya.
Untuk sementara, pihaknya menargetkan untuk penerimaan Mahasiswa Baru nanti, Prodi Ilmu Komunikasi sebanyak 120 orang. Hal tersebut karena menjaga perbandingan antara 1 dosen untuk 35 mahasiswa yang belajar di sana.
“Jadi mungkin realnya 120. Tapi tidak menutup kemungkinan akan bertambah banyak, seiring bertambah pula jumlah dosen kita,” jelasnya.
Sementara itu, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi STISIPOL Candradimuka Palembang, Budi Santoso, M.Comn mengatakan prospek lulusan Ilmu Komunikasi ini masih terbuka lebar di masyarakat. Mulai dari menjadi akademisi, praktisi hingga profesional.
Pertama bisa jadi Dosen, Peneliti, kemudian Lembaga Pemberitaan terutama di bidang Kehumasannya, dan di perusahaan-perusahaan yang ada Public Communicationnya dan Internal Communication,” ujarnya di waktu yang sama.
Bagi yang ingin mendaftar S2 Ilmu Komunikasi, STISIPOL Candradimuka Palembang menetapkan syarat Foto Copy Ijazah S1/D4 dan transkrip nilai yang telah dilegalisir 2 lembar, beserta pas foto formal berwarna ukuran 3x4 dan 4x6 masing-masing 3 lembar.
Waktu pendaftarannya sendiri dibuka setiap hari Senin sampai Sabtu, pukul 08.30 WIB sampai dengan pukul 17.30 di Kantor Administrasi Program Studi S2 Ilmu Komunikasi Gedung A STISIPOL Candradimuka, Jalan Swadaya Sekip Ujung Palembang, 30128. Ada tes tertulis dan wawancara, pada tanggal 3 Agustus (Gelombang I) yang diumumkan pada tanggal 15 Agustus, serta diharuskan membayar sekaligus registrasi ulang di 16 – 20 Agustus.
Sedangkan di Gelombang II, Calon Mahasiswa harus mengikuti tes tertulis pada 11 Januari 2020, diumumkan pada tanggal 23 Januari dan diharuskan melakukan pembayaran serta Registrasi Ulang pada 24 – 28 Januari 2019

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Terapi Langit, Garisdua dengan Do'a Bag 1

Mereview Bab 5 "Kendala Menghimpun Berita"

Membedah Unsur-Unsur Film