IKLAN INTERNET

Internet dapat didefinisikan sebagai : a. Worldwife means of exchanging information and communicating through a series of interconnected computers (suatu metode yang mendunia untuk saling tukar menukar informasi dan berkomunikasi melalui komputer yang saling terkoneksi). Saat ini banyak perusahaan dan konsumen yang menggunakan Internet karena media ini relatif murah dan mudah digunakan. Berdasarkan data tahun 2004 yang dikumpulkan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) bahwa pengguna Internet di Indonesia mencapai 12 juta pengakses, ini berarti bahwa bisnis melalui Internet masih sangat menjanjikan. Dengan kata lain, calon pembeli di pasar Internet adalah 12 juta orang sampai akhir 2004. MEMBANGUN SITUS WEB Perusahaan membangun dan menggunakan situs web atau web site dengan tujuan tidak lebih sebagai katalog atau brosur elektronik yang dapat diakses secara online yang bertujuan menyediakan informasi. Situs web di Internet adalah tempat informasi disediakan kepada pengguna Internet oleh penyedia informasi (provider). TUJUAN SITUS WEB  Penyebaran Informasi.  Menciptakan Kesadaran.  Tujuan Riset.  Menciptakan Persepsi.  Percobaan Produk.  Meningkatkan Pelayanan.  Meningkatkan Distribusi. FORMAT IKLAN INTERNET Sebagaimana media penyiaran atau media cetak, Internet adalah juga media untuk beriklan. Perusahaan dan organisasi perlu mempertimbangkan Internet sebagai salah satu media untuk mempromosikan promosi mereka. Iklan di internet memiliki beberapa bentuk atau format iklan yang mencakup :  Spanduk (Banner). Bentuk iklan seperti ini sering digunakan pemasang iklan di Internet dengan tujuan untuk menciptakan kesadaran atau pengenalan terhadap suatu produk atau untuk tujuan pemasaran langsung.  Sponsorship. Yaitu dukungan pemasang iklan pada suatu situs Internet. Dalam hal ini, terdapat dua bentuk dukungan pemasang iklan yaitu dukungan reguler (regular sponsorship) dan dukungan isi (content sponsorship)  Pop-Up. Ketika anda membuka halaman situs web tertentu anda mungkin melihat jendela kecil yang tiba-tiba muncul. Jendela kecil yang menampilkan informasi dari pemasang iklan tersebut dikenal dengan sebutan pop-up.  Iklan Sela. Iklan sela atau iklan antara (interstitial) adalah iklan yang tiba-tiba muncul di layar monitor ketika pengguna internet sedang menunggu menculnya (proses download) isi suatu situs web di internet.  Webcasting. Suatu bentuk iklan yang memungkinkan pemasang iklan secara proaktif mengirimkan pesannya kepada konsumen. Misalnya, seorang manajer atau analis keuangan suatu perusahaan keuangan bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai harga saham, berita ekonomi, atau komentar/ analisis pakar mengenai suatu kebijakan ekonomi yang dibutuhkan dalam pekerjaannya dengan cara mendaftarkan situs perusahaannya ke situs (provider) lain yang khusus menyediakan informasi tersebut.  Link. Melalui model ini, seorang yang mengunjungi suatu situs web dapat memperoleh informasi tambahan, jika ia mengklik suatu feature atau ikon pada suatu situs web yang akan menghubungkannya dengan sumber informasi lain yang berada di situs web yang lain. KEUNGGULAN INTERNET Internet sebagai media iklan dan promosi memiliki sejumlah keunggulan namun juga memiliki kelemahan. Internet memiliki sejumlah keunggulan yang mencakup:  Target Konsumen Khusus.  Pesan Khusus  Kemampuan Interaktif  Aksas Informasi  Kreativitas  Ekspor Luas  Kecepatan KETERBATASAN INTERNET  Jumlah Audiensi.  Karakteristik Audiensi.  Proses Lambat.  Penipuan.  Biaya.  Jangkauan Terbatas. PROMOSI PENJUALAN Perusahaan sering kali menggunakan metode promosi penjualan (sales promotion) untuk menarik pengguna Internet untuk kembali mengunjungi situs web (web site) mereka. PENJUALAN PERSONAL Banyak perusahaan menemukan bahwa situs web Internet yang bagus dapat menggantikan posisi tenaga penjual (sales persons) sehingga dapat menghemat anggaran. HUMAS Sebagaimana media lainnya, Internet adalah media yang bermanfaat untuk melaksanakan kegiatan kehumasan. Praktisi humas dapat menggunakan situs web dalam tiga hal: 1. Untuk mengembangkan hubungan media atau media relations dengan pihak media massa. 2. Untuk menyebarluaskan informasi 3. Pengembangan hubungan surat-menyurat melalui email (e-mail relationship) PEMASARAN LANGSUNG Dewasa ini, Internet telah banyak digunakan sebagai salah satu instrumen dalam mendukung kegiatan pemasaran langsung (direct marketing). DIRECT MAIL Pengiriman surat secara langsung (direct mail) kepada konsumen melalui Internet pada dasarnya adalah sama dengan mengirim surat dengan perantara kurir. PEMASARAN BASIS DATA Banyak perusahaan yang membangun situs web di Internet yang menyediakan informasi basis data (database) untuk kebutuhan pemasaran berbagai perusahaan yang memerlukan informasi mengenai calon konsumennya. E-COMMERCE Internet menawarkan peluang untuk melakukan penjualan produk kebutuhan hidup sehari hari secara langsung kepada pelanggan yang berada pada pasar konsumsi (consumer market) atau konsumen pada pasar industri (business-to-business-market). Terdapat beberapa alasan mengapa perusahaan menjalankan bisnis dengan menggunakan fasilitas e-commerce, yaitu: 1. Dapat menjangkau audiensi di seluru dunia. 2. Dapat melakukan komunikasi interaktif dengan biaya yang efisien. 3. Dapat menjangkau target konsumen tertentu. 4. Lebih mudah menyampaikan perubahan informasi seperti perubahan harga atau informasi lainnya. 5. Meningkatkan pelayanan kepada pelanggan karena tersedia akses selama 24 jam, tujuh hari seminggu. 6. Mendapatkan umpan balik secara dari konsumen. 7. Merupakan saluran distribusi alternatif. 8. Menyediakan biaya penyebaran informasi merek yang efektif dan efisien. CONTOH MASA KINI IKLAN INTERNET Dewasa ini, Internet telah menjadi media yang diperhitungkan untuk iklan dan promosi. Pikirkanlah seseorang yang sedang mencari sebuah rumah untuk tempat tinggal, apa pilihan yang dimilikinya untuk mendapatkan informasi tentang rumah yang dijual? Mendengarkan radio bila ada informasi tentang penjualan rumah, mencari iklan rumah di jual di surat kabar, bertanya pada teman, keluarga atau orang lain yang mungkin memiliki informasi tentang rumah yang sedang di jual, berkendaraan keliling kota, atau mencarinya di internet. Kalau anda masih meragukan kalau iklan internet adalah masa depan periklanan, berikut beberapa kelebihan iklan di internet yang membuatnya lebih baik dari media lainnya: 1. Konsumen bisa mencari dan memilih informasi yang dibutuhkan. 2. Lebih cepat dan mudah di akses 3. Lebih bermanfaat dan tampil lebih lama 4. Bisa di ukur Konsumen bisa mencari dan memilih informasi yang di butuhkan Orang yang ingin membeli sepatu membutuhkan informasi tentang sepatu bukan informasi tentang pembersih kamar mandi. Kalau kita memasang iklan sepatu di bukalapak dan menginginkan konsumen melihatnya, artinya kita sudah membuat konsumen harus melihat iklan pembersih lantai juga, dan yakinlah mereka tidak menyukainya. Di internet mereka bisa mencari sesukanya dan dengan kata kunci yang tepa, mereka mereka akan dengan mudah menemukan sepatu keinginannya tanpa harus disuguhi pembersih lantai. Lebih cepat dan mudah di akses Sekarang ini sudah banyak orang yang bisa mengakses internet dan kedepannya akan terus bertambah, kecepatan akses internet juga semakin cepat. Di media lainnya iklan kita tidak bisa tampil dan dilihat orang setiap saat. Konsumen kita tidak terlalu bodoh untuk membawa televise atau surat kabar kemanapun mereka pergi, namun mereka cukup cerdas untuk tidak meninggalkan telepon selulernya dirumah. Lebih bermanfaat dan tampil lebih lama Iklan di internet bisa memuat lebih banyak informasi dari pada iklan di media lain. Ruang yang tersedia di jaringan internet jauh lebih banyak dibanding media lain. Dengan system periklanan internet sekarang ini yang berupa konten, lebih mendidik kosumen. Konsumen bertambah pengetahuannya dan pengusaha menambah penjualannya. Konten tulisan, gambar atau video yang di unggah di internet juga bertahan lebih lama, selama tidak ada yang menghapusnya. Bisa di ukur Susah untuk berapa yang melihat iklan kita di Koran, mendengarnya di radio atau menontonnya di televise. Iklan anda di internet bisa di hitung berapa interaksinya, berapa yang melihatnya berapa kliknya dan brapa transaksi yang di hasilkannya. Selain terkenal, usaha kita seharusnya mudah di temukan bukan? Apalah gunanya terkenal kalau orang orang tidak bisa menemukan kita. Pasang informasi usaha kita secara online agar konsumen mudah menemukannya. KEUNGGULAN INTERNET Target konsumen khusus Ini yang dilakukan oleh Indosiar yang targetnya kebanyak yang mencintai dunia dangdut atau Metro TV sebagai target politikus 90% berita nya mengarah ke politik dan selalu memberitakan Legistatif, Yudikatif yang memberitakan Pemerintah, dan DPR. PROMOSI PENJUALAN Perusahaan sering kali menggunakan metode promosi penjualan (sales promotion) untuk menarik pengguna internet untuk kembali mengunjungi aplikasi mereka. Promosi penjualan telah menjadi metode yang paling sering digunakan banyak perusahaan untuk menarik pengguna untuk kembali berkunjung ke aplikasinya bahkan meminta download aplikasinya Contohnya yang dilakukan Bukalapak saat ini besar besaran bikin iklan di Indosiar beli apa aja buka apa aja ya buka aja di bukalapak. PEMASARAN LANGSUNG Pengertian pemasaran menurut para ahli adalah adanya kebutuhan konsumen yang semakin meningkat, adanya lembaga pemasaran yang semakin berkembang, adanya kestabilan pemasaran yang semakin membaik, adanya system pemasaran yang semakin membaik, dan media pemasaran baru. Konsep pemasaran langsung sendiri adalah menitik beratkan kepada bagaimana agar pelanggan atau konsumen puas dengan produk dan pelayanan yang kita berikan Banyak contok nya sekarang seperti Daring Go-Jek maupan Grab Sekarang kita bahas media pemasaran baru, seperti: 1.Instagram Teknik pemasaran langsung di instagram  FFFS (Follow for follow and sorry) Sesuai dengan arti dari singkatan ini, teknik ini mengharuskan anda mem-Follow banyak akun yang relevan dengan akun anda, follow dan biarkan beberapa saat, biasanya mereka akan merespon dengan memfollow back akun kita.  Like dan follow Hampir sama seperti FFFS, hanya teknik ini memerlukan sedikit tambahan, yaitu like beberapa foto dari akun-akun yang anda follow, teknik ini berguna untuk meningkatkan engagement dan biasanya tingkat mendapatkan follow back akan lebih cepat dan besar.  Hashtag Hashtag adalah tulisan tulisan berawalan tanda pagar # yang biasanya ada dibawah caption foto-foto diinstagram. Hashtag ini mudah di cari dan kemungkinan closing dari teknik ini sangat tinggi. Hashtag yang kita buat bisa terlacak oleh akun lain jika mereka melakukan searching terhadap hashtag umum yang relevan, sekalipun mereka bukan followers anda.  Sinkornisasi akun Teknik ini berguna untuk mengsinkronisasi akun anda kesemua media social yang anda punya sebelumnya seperti facebook, twitter, tumblr, flickr dan lainnya. Apabila anda telah mensinkronisasi nya, saat anda menggunggah foto anda pada instagram anda, secara otomatis foto tersebut juga akan di bagikan kea kun media social anda yang lainnya.  SFS (Shoutout for shoutout) Dalam teknik ini, anda sudah melibatkan akun lain untuk mempromosikan akun anda. Biasanya akan banyak onlineshop di intagram yang membentuk grup dengan renge follows yang berdekatan, dan saling mempromosikan akun onlineshop lain dengan produk yang berbeda beda antara satu dan yang lainnya. Ada 2 jenis SFS 1. SFS personal yang biasanya hanya melibatkan 2 akun yang mengiklankan satu sama lain. 2. SFS keroyokan yang biasanya melibatkan lebih dari 20 akun untuk mengiklankan satu sama lain. 2.WhatsApp Lima poin yang harus di perhatikan saat ingin tembus banyak kontak via whatsapp  Harus niat. Ini yang wajib kita ikuti, di targetkan gimana caranya harus bisa tembus puluhan ribu kontak whatsapp, kita harus buat target tanpa target bisnis gak akan kemana mana, tanpa target kita tidak akan semangat menjalani bisnis,  Mindsetnya list kontak sumber closing, jadi kita harus punya minset kalau closing mau semakin banyak, list kontaknya harus semakin besar, semakin banyak yang melihat promosi kita semakin banyak potensi untuk membeli.  Maksimalkan sumber trafika, dari 5000 kontak di facebook, mungkin yang melihat di facebook tidak sampai 20% bahkan kurang, tapi kalau di list kontak whatsaapp sekali BC, postingan kita sampai ke whatsapp para list kita.  Pupuk terus dengan edukasi, ada satu konsep yang namanya HUKUM RECIPROCAL atau hukum timbal balik, imtinya begini orang akan lebih suka membeli keseseorang yang rutin memberi manfaat, siapkan BC tips edukasi minimal 2 X seminggu harus lebih banyak sharingnya baru jualan.  Lakukan dengan konsisten 3.Facebook Banyak kami temukan banyak orang yang gagal di facebook bukan karena mereka ditakdirkan untk gagal tapi karena mental mereka yang kalah perang ataupun minset mereka yang membuat mereka tidak mau bertindak keluar dari zona nyaman mereka, banyak yang bilang online shop buat sampingan saja. Sebagai info saja pengguna facebook di Indonesia sebesar 40 juta orang, anggap saja dipotong kakek-kakek, nenek-nenek dan anak-anak missal hanya 10% saja yang beli berarti sekitar 4 juta orang yang potensial membeli product kita. Internet menawarkan peluang untuk melakukan penjualan produk kebutuhan hidup sehari hari bisa dengan satu aplikasi semua bisa seperti bayar listrik, tiket pesawat, kereta api, kapal maupun bis bisa juga untuk membeli produk apa saja dengan aplikasi Playtren, Bukalapak, Tokopedia, shopie, olx dll

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Terapi Langit, Garisdua dengan Do'a Bag 1

Mereview Bab 5 "Kendala Menghimpun Berita"

Membedah Unsur-Unsur Film